Soto Betawi Pak Kumis di Srengseng Sawah

penampakan warung
penampakan warung

Hari ini saya dan Emilio memutuskan makan siang diluar dan kami memilih SOTO BETAWI PAK KUMIS yang menjadi favorit kami. Lokasinya di Kalibata  Srengseng Sawah, depan mesjid.  Tempatnya kayak warung tenda begitu sih, tapi rasanya boleh diadu.

Sebenarnya rasa soto ini mengingatkan saya saat masih kecil. Biasanya ibu selalu mentraktir saya soto betawi kalau kami pulang dari jalan-jalan di pusat perbelanjaan Tanah Abang tahun 1980-an. Tempatnya yang saya ingat kecil dan yang makan berdesak-desakan.

Ketika saya dewasa dan bisa main ke Tanah Abang sendirian, saya gagal menemukan warung soto Pak Kumis Tanah Abang. Jadi warung soto di kawasan Srengseng Sawah ini cukup membawa kenangan saya pada masa kecil bersama Ibu.

Saya dan Emilio memang menyukai makanan betawi, terutama soto. Dan setelah keliling-keliling di sekitar jakarta selatan, hati kami terpikat pada soto di tempat ini. Selain rasanya, porsinya cukup besar dan harganya tidak mahal-mahal sekali. Biasanya saya dan Emilio menghabiskan Rp 55 ribu dengan memesan dua porsi soto, dua piring nasi, dua es teh tawar dan satu piring nasi tambah (hehehe..nambah dong…).

penampakan soto dan kuahnya.. hmmm
penampakan soto dan kuahnya.. hmmm

Biasanya saya dan Emilio memilih soto campur (campur jeroan dan lain-lain). Kuahnya begitu gurih karena ditambah minyak samin dan susu. Bahan soto seperti daging, kikil dan jeroan semuanya digoreng dulu, sebelum akhirnya disajikan dengan kuah.

Selain soto, di warung ini juga menyediakan sop kambing Betawi yang rasanya tak kalah luar biasanya. Ada juga sate tapi kami belum pernah coba sih secara kami terlanjur memesan soto favorit kami itu.

Buat yang kebetulan jalan-jalan di kawasan Srengseng Sawah. Jangan lupa mampir ya. Posisinya ngga terlalu jauh STM Teladan dan pintu masuk ke Setu Babakan.

BTW kami makan dulu yaa…

Emilio sedang menikmati sotonya
Emilio sedang menikmati sotonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s