Hati-hati Masa Paket Data di HP Anda

Ini pengalaman pribadi saya dan jujur saja cukup menyebalkan. Bayangkan sedang asyik-asyiknya surfing internet, eh paket data habis kemudian menyerap pulsa untuk internet. Lagi-lagi selalu tanpa adanya peringatan dari provider ponsel saya.

Ternyata eh ternyata saya sudah melampau batas pemakaian kuota dalam periode tertentu yang diizinkan operator atau dalam bahasa kerennya adalah Fair Usage Policy (FUP).  FUP ini bisa berlaku per hari, per minggu atau per bulan tergantung pilihan para konsumennya.

Mau tidak mau saya harus mengakui kalau saya termasuk “kuper” alias kurang pengetahuan tentang pembelian data internet untuk ponsel. Saya memang termasuk pelanggan yang “lugu” dan selalu berpikiran positif pada provider ponsel saya (Apa coba..)

Sekilas tentang fair usage policy?

Seperti yang sudah diketahui, paket internet yang ditawarkan operator macam ragamnya dan berbeda-beda. Ada yang menawarkan berbasis kuota atau yang berbasis kecepatan.

Bila FUP ini sudah tercapai maka ada dua kemungkinan yang terjadi pada konsumen paket data seperti saya yaitu

  1. Koneksi internet diputus dan kemudian provider seluler akan memotong pulsa untuk melanjutkan sambungan internet, atau
  2. memperlambat kecepatan sedramatis mungkin sehingga sangat sulit bagi konsumen untuk surfing di dunia maya.

Yang jadi masalah operator seluler sering tidak jelas memberikan informasi tentang FUP ini kepada konsumennya. Mereka justru berpromosi kalau kuota paket data mereka adalah unlimited. Tak heran banyak konsumen yang terkecoh karena tiba-tiba saja pulsa di smartphone tandas. Daaannn.. saya yang termasuk konsumen jenis itu hihihihi

Pengecekan FUP di setiap operator selular jelas berbeda. (Yaiyalah, mereka kan kompetitor…)

Akhirnya setelah cari sana sini, lirik sana sini, seaching sana sini… Tadaaaa….  berikut cara mengecek FUP melalui SMS atau dial untuk lima provider seluler terkemuka di Indonesia:

  1. XL:   ketik: KUOTA  dan  Kirim ke: 868
  2. Indosat : ketik: USAGE kirim ke 363
  3. Simpati : dial *363#
  4. Smartfriend : ketik: CEK dan  kirim ke 995
  5. 3        : ketik info (spasi) data kirim ke 234

 Semoga kejadian konyol pada saya tidak terulang pada rekan-rekan yang membaca ini yaaa…🙂

Leave a Reply

