Asam Udeung Atjeh (Sambal Udang Aceh)

Rasanya segar dan gurih..

Eng ing eng…. kali ini ayo kita buat Asam Udeng yang kalau di Jakarta dijuluki Sambal Ganja. Sebagai orang Aceh saya sempat kaget juga begitu mendengar istilah “Sambal Ganja” yang katanya asal Aceh, tapi begitu saya lihat produknya, saya langsung tersenyum lebar…Oooo ternyata ini toh.

Kalau di Aceh, istilah “Asam” itu lebih dekat dengan definisi Sambal. Jadi jangan heran kalau ke Aceh dan mendengar istilah asam keumamah (sambal ikan kayu), asam terasi (sambal terasi), dan ini dia asam udeung alias sambal udang🙂

Asam Udeung itu merupakan menu tradisional turun temurun. Dari Nek Tu (nenek buyut), Neknyak (nenek) dan Mamak selalu membuat menu ini. Sedikit-sedikit saya belajar untuk meramu Asam Udeung ini dari Mamak. Belajarnya secara tidak sengaja karena saya paling malas ke dapur.  (NOTE: Suatu saat saya akan bercerita bagaimana strategi Mamak mengajar saya  dan kedua adik perempuan saya masak.)

Kesimpulannya, membuat Asam Udeung ini gampang🙂

Mari kita mulai

BAHAN

  • Udang kecil-kecil, 1/4 kilo. Bersihkan dan  dimasak dalam wajan dengan air sedikit dan garam (Mohon diingat, airnya sedikiiiit saja, karena udang itu juga akan mengeluarkan air sendiri). Angkat bila sudah berwarna merah matang.
  • Cabai rawit hijau dan merah 10 biji (tergantung selera)
  • Bawang merah 6 siung
  • Belimbing besi 7 buah, yang besar dan setengah masak –buang bijinya karena bisa pahit, banyaknya belimbing ini sesuai selera. Tergantung banyaknya udang
  • Daun jeruk, iris tipis-tipis
  • Serai, bagian putihnya diiris tipis-tipis
  • Air perasan jeruk nipis satu sendok
  • Garam, gula, mecin (kalau suka)

CARA MENGEKSEKUSI (MEMBUAT)

  • Siapkan cobek. Haluskan bawang merah, cabai, udang, belimbing hingga halus dan tercampur.
  • Tambahkan gula (sedikit), Garam (secukupnya) mecin (kalau suka)
  • Tambahkan irisan serai dan daun jeruk. aduk lagi.
  • Tambahkan perasan air jeruk nipis biar lebih mak nyosss…
  • Siap dihidangkan

SELAMAT MENCOBAAA…🙂

====

I

2 thoughts on “Asam Udeung Atjeh (Sambal Udang Aceh)

Leave a Reply

