Bandeng Panggang Sambel Bawang

Rasa ikannya terasa tetapi tanpa amis🙂

Menu ini kesukaan suami saya Emilio. Kebetulan resepnya sederhana sekali. Kalau lagi malas masak, cukup saya buatkan menu andalan ini,  dijamin Emilio tidak akan protes.  menurut saya, ini Ikan panggang sesungguhnya karena cuma bermodalkan garam dan air jeruk nipis.

Kenapa saya memilih bandeng? karena bandeng cukup lemak dan rasanya gurih. Tulangnya memang banyak, tapi bila hati-hati dijamin Anda tetap bisa menikmati bandeng panggang yang satu ini. Saya pengemar bandeng sejak kelas 2 SD, dan alhamdullilah belum pernah bermasalah dengan tulangnya. Di keluarga saya di Pidie sana, bandeng adalah ikan favorit.

Untuk menambah gurih, saya juga mengunakan mentega saat memanggang🙂

Mari kita coba:

BAHAN IKAN

  • Bandeng satu ekor ukuran sedang, dibersihkan sisik dan ingsang, diiris sedikit di permukaan kulit untuk mempermudah penyerapan garam dan air jeruk
  • Mentega
  • Air perasan jeruk nipis
  • Garam

BAHAN SAMBEL BAWANG

  • Bawang merah 5 siung iris
  • Tomat  separuh iris
  • Cabai rawit 4 buah –tergantung selera– iris
  • kecap manis
  • irisan jeruk nipis 2 buah

CARA MEMBUAT

  1. Ikan dibaluri air jeruk dan garam, biarkan 15 menit. kemudian baluri dengan mentega secukupnya
  2. Panaskan panci teflon anda, panggang bandeng dengan api kecil. hingga warnanya kecoklatan dan berbau wangi🙂
  3. Sementara itu siapkan bahan sambelnya. Campurkan bawang merah, tomat dan cabai dengan kecap dan peraskan seiris jeruk nipis di atasnya.
  4. Sajikan bandeng dan sambel bawang dengan nasi hangat🙂

SELAMAT MENCOBA

Leave a Reply

