Akhirnya Pakai Skype

Tanggal 19 Oktober yang lalu, tiba-tiba handphone saya berdering. Saat itu saya baru saja bersiap-siap akan keluar dari busway di halte Dukuh Atas. Suara deringan (maklum HP Jadul) sempat membuat saya keki. Maklum saat itu halte Dukuh sedang penuh-penuhnya orang, dan saya harus buru-buru menuju kolidor tetangga untuk mencegat bus ke arah kota.

Nomer yang tertera di LCD hape jadul itu tidak saya kenal

“Halo?’ saya menjawab sambil berusaha keras bisa mendengar suara di seberang saya.

Sepi

“Halo?” saya menyapa lagi, kali ini dengan suara keras karena ributnya penumpang yang menunggu  bus di halte Dukuh.

May I speak with Nani please?” akhirnya kedengaran juga suara itu

Saya mengerutkan kening. “yes, Nani’s speaking.”

We are…… from… do you have…”

Waduh suaranya hilang dan muncul. Benar-benar nggak tepat nih orang nelpon, pikir saya.

“Sorry, I can not hear you.. ” kata saya setengah berteriak

Do you have skype account? skype account?”

He? Terakhir saya memakai sykpe saat dulu masih di Aceh, dan itu juga dibuatkan teman saya. katanya dengan skype kita bisa berkomunikasi gratis dengan mengunakan fasilitas internet. Ada yang gratis, tapi kalau mau beli kredit skype juga bisa dengan fasilitas yang lebih oke lagi.

Saya langsung menafsir-nafsir. Ini orang pasti mau nanya-nanya sesuatu, makanya dia bertanya apa saya punya skype account segala.

“Sorry I had stopped using skype since a long time ago… but I use G-Talk,” kata saya.

Lawan bicara saya bicara… Oh my God, ekke jelas tidak tahu dia bicara apa.

“Pardon me please, I cant hear you..” kata saya…*kaciannn dehhh saya

We need your skype account. Can you set up skype account?”

Waduh saya mengeluh. Dalam hati tentunya.

Can you…set up a skype account and give us tommorow morning?”

Nah loh saya benar-benar bingung. Kalau bikin skype account sih no problem. Tapi mau dikasih kemana itu account, sementara saya tidak tahu sama siapa saya bicara saat ini.🙂

“Okay.. I will set up a skype account,” kata saya. ragu-ragu tentu saja.

Please..use your own name. Nani Afrida… We need to get your skype account soon,”  suara lelaki itu mulai terdengar jelas.

“Okay..” saya membeo

The interview will be held on 25 October. at 6 A.M Indonesia time… costa rica.. Philipine

Mendengar kata Costa Rica, barulah saya mengerti.. Rupanya itu telpon dari University for Peace. Astaga, rupanya wawancaranya pakai skype.. sementara saya tidak pernah punya pikiran menggunakan skype untuk hal yang satu ini.

Please.. set up a skype account. I’ll… tomorrow morning,” suara diseberang mulai putus-putus..

“Okay sir..thank you..” kata saya tanpa punya pikiran untuk bertanya macem-macem..

Hubungan terputus. Saya terdiam. Galau.

Malam itu saya mulai mencari-cari tahu cara pengunaan skype. Google dan teman-teman saya menjadi tempat saya bertanya. Dari mereka saya mendapat kesimpulan kalau Skype itu gampang kok. Tinggal buka www. Skype.com,   sign-up, download trus pilih yang gratis dan jadi dehh..

Bangga juga saya berhasil memiliki account skype baru. Berikutnya saya harus ngetes  audio dan speakernya. Masalah baru muncul. Saya bisa mendengar tetapi tidak bisa didengar. Well, saya butuh multi-media headset.

Besoknya saya dan suami keliling-keliling di kawasan Universitas Gunadarma Pondok Cina Margonda untuk mencari headset. Siapa sangka banyak toko yang kehabisan headset yang saya cari. Saya tersadar kalau saya saja yang masih kampungan karena tidak pernah memakai skype selama ini, sementara untuk orang lain skype mungkin sudah sangat happening.. Fool you Nanee..

Setelah muter-muter hingga sore, saya dan suami berhasil mendapatkan headset yang dimaksud. Setelah mengalami berbagai cobaan (maklum sudah berumur dan gaptek pula) akhirnya headset saya bisa singkron sama skype saya. Hihihi…

Siapa sangka ada untungnya juga beli headset multimedia itu. Sekarang saya bisa denger musik dan youtube dengan suara yang lebih ngebas dan keren…🙂

Akhirnya… mau tidak mau, kita memang harus menyesuaikan diri dengn teknologi. Kalau tidak kepepet mungkin saya masih berpikir ala konvensional…

Leave a Reply

